Yona Primadesi

Membaca, Menulis, dan Berkarya

Tinjauan Perubahan Perpustakaan Kearah Perpustakaan Digital Berbasis Web www.digilib.unp.ac.id

Latar Belakang

Perpustakaan merupakan bagian dari kehidupan masyarakat yang merefleksikan perubahan yang terjadi di masyarakat. Perpustakaan atau library didefinisikan sebagai tempat buku-buku yang diatur untuk dibaca dan dipelajari atau dipakai sebagai bahan rujukan (The Oxford English Dictionary). Istilah perpustakaan juga diartikan sebagai pusat media, pusat belajar, sumber pendidikan, pusat informasi, pusat dokumentasi dan pusat rujukan (The American Library Association dalam Mahmudin, 2006)

Darmono menyatakan bahwa perpustakaan adalah salah satu unit kerja yang berupa tempat untuk mengumpulkan, menyimpan, mengelola, dan mengatur koleksi bahan pustaka secara sistematis untuk digunakan oleh pemakai sebagai sumber informasi sekaligus sebagai sarana belajar yang menyenangkan (Darmono, 2001: 2). Secara lebih umum, Yusuf dan Suhendar menyatakan bahwa perpustakaan adalah suatu tempat yang didalamnya terdapat kegiatan menghimpun, mengelola, dan menyebarluaskan segala macam informasi, baik yang tercetak maupun yang terekam dalam berbagai media seperti buku, majalah, surat kabar, film, kaset, tape recorder, video, komputer, dan lain-lain (yusuf&suhendar, 2005:1). Dari pengertian di atas dapat disimpulkan bahawa peprustakaan merupakan suatu bentuk organisasi yang memiliki tugas untuk mengumpulkan, mengolah, menyajikan, dan melayani kebutuhan informasi para pengguna perpustakaan.

Perkembangan Information and communication technology (ICT) yang telah menyebar kesemua aspek kehidupan, memberikan tuntutan kepada semua pihak agar mampu menciptakan sebuah perpustakaan yang ideal sesuai dengan zaman dan kebutuhan penggunanya. Akibatnya, perpustakaan sebagai institusi pengelola informasi sudah seharusnya terjamah penerapan teknologi informasi. Perkembangan ICT melahirkan sebuah perpustakaan berbasis komputer. Penerapan teknologi informasi di perpustakan saat ini sudah menjadi sebuah ukuran untuk mengetahui tingkat kemajuan dari sebuah perpustakaan. Paradigma lama tentang perpustakaan dengan berbagai kerumitannya dalam melakukan pengelolaan perpustakaan harus dihapuskan dengan dikembangkannya perpustakaan berbasis teknologi informasi.

Salah satu bentuk penerapan teknologi informasi di perpustakaan yaitu dengan adanya automasi perpustakaan dan perpustakaan digital. Sistem automasi perpustakaan merupakan pengintegrasian antara bidang pekerjaan administrasi, pengadaan, inventarisasi, katalogisasi, pengolahan, sirkulasi, statistik, pengelolaan anggota perpustakaan, dan lain-lain. Digital library atau sistem perpustakaan digital merupakan konsep menggunakan internet dan teknologi informasi dalam manajemen perpustakaan.

Pengembangan perpustakaan berbasis teknologi informasi, bagi tenaga pengelola perpustakaan dapat membantu pekerjaan di perpustakaan melalui fungsi sistem otomasi perpustakaan, sehingga proses pengelolaan perpustakaan lebih efektif dan efisien. Sedangkan bagi pengguna perpustakaan dapat membantu mencari sumber-sumber informasi yang diinginkan dengan menggunakan katalog on-line yang dapat diakses melalui intranet maupun internet, sehingga pencarian informasi dapat dilakukan kapan pun dan di mana pun, melalui digital library.

Dengan dikembangkan perpustakaan yang berbasis pada teknologi informasi dan komunikasi (ICT based) baik dalam sistem automasi perpustakaan maupun digital library, diharapkan dapat memberikan kenyamanan kepada anggota perpustakaan dan memberikan kemudahan kepada tenaga pustakawan dan pengelola perpustakaan, sekaligus kemudahan untuk menerapkan strategi-strategi pengembangan perpustakaan serta dapat meningkatkan citra perpustakaan dalam memberikan layanannya terhadap pemakai dilingkungannya.

Perpustakaan Universitas Negeri Padang (UNP) sebagai salah satu perpustakaan perguruan tinggi di Indonesia, telah menerapkan dan mengembangkan perpustakaan yang berbasis pada teknologi informasi dan komunikasi atau information and communication technology (ICT based) yang mencakup automasi perpustakaan (sistem informasi manajemen) dan perpustakaan digital.

www.digilib.unp.ac.id sebagai bentuk penerapan ICT di perpustakaan UNP merupakan perpustakaan digital berbasis web yang telah mulai dirintis sejak tahun 2005. Sejalan dengan perkembangan, perpustakaan digital UNP telah memungkinkan untuk diaskses oleh segenap civitas akademika di UNP sendiri maupun oleh masyarakat luas.

Beranjak dari hal tersebut, penelitian ini dimaksudkan untuk menggali lebih jauh tentang perubahan perpustakaan dan perubahan perilaku pemustaka dalam kegiatan pemerolehan informasi, meliputi: bentuk perubahan yang dialami oleh perpustakaan, alasan perubahan perilaku masyarakat dalam pencarian informasi, serta media yang digunakan dalam pencarian informasi oleh masyarakat.


Simpulan

Kesimpulan yang bias didapatkan dari penelitian tentang perpustakaan digital berbasis web www.digilib.unp.ac.id. Yaitu :

  1. Perpustakaan Universitas Negeri Padang (UNP) seiring perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah melakukan perubahan, mulai dari automasi, digitalisasi koleksi hingga pengembangan perpustakaan digital berbasis web, yakni www.digilib.unp.ac.id.
  2. Tampilan dari www.digilib.unp.ac.id dinilai sangat sederhana, kurang menarik, dan tidak bersifat interaktif. Pemustaka yang melakukan penelusuran informasi melalui www.digilib.unp.ac.id masih belum menemukan link-link yang terkait dengan informasi yang dibutuhkan. Disamping itu, pilihan menu pada tampilan www.digilib.unp.ac.id masih sangat terbatas, sehingga tak jurang pemustaka enggan untuk menggunakan jasa digilib dalam proses pencarian, penelusuran, maupun pemerolehan informasi. Keterbatasan hardware dan software pun menyebabkan akses pemustaka terhadap digilib terkadang tersendat-sendat bahkan tak jarang terputus.
  3. www.digilib.unp.ac.id masih belum bisa dikatakan sebagai perpustakaan digital. www.digilib.unp.ac.id memiliki program terbatas pada alat penelusuran informasi on-line. Digilib hanya berisi data-data buku yang ada di perpustakaan serta abstrak dari tugas akhir dan penelitian mahasiswa. Dalam digilib pemustaka belum menemukan buku elektronik atau buku yang bersifat full text.

Saran

            Saran yang bisa diberikan berhubungan dengan www.digilib.unp.ac.id dalam membentuk citra positif perpustakaan, yaitu.

  1. Perpustakaan terutama pustakawan dituntut untuk lebih bersifat pro aktif dalamm mensosialisasikan perpustakaan, baik itu perpustakaan konvensional maupun perpustakaan digital.
  2. Perpustakaan harus lebih peka terhadap kebutuhan pemustaka. Hal ini bisa dilakukan melalui angket atau interview yang dilakukan dengan pemustaka sehingga koleksi yang ada di perpustakaan sesuai dengan kebutuhan pemustaka
  3. Proses pengadaan koleksi harus memertimbangakan aspek kebutuhan pengguna dan koleksi yang diharapkan lebih mutakhir dan relevan dengan kebutuhan
  4. www.digilib.unp.ac.id diharapkan tidak hanya sebatas katalog on-line kan tetapi dituntut untuk mampu menyediakan buku elektronik bagi pemustaka
  5. Program www.digilib.unp.ac.id harus disempurnakan dan tampilan serta menu yang disediakan agar lebih variatif

Daftar Pustaka

Bafadal, Ibrahim. 2006.Pengelolaan Perpustakaan. Jakarta: Bumi Aksara

Bajpai. 2004. Digital Libraries and Information Services. India: Shree Publsh

Bavakutty. 2004. Information Acsses in Technology Ages. India: Ess Ess Publsh

Darmono. 2001. Manajemen dan Tata Kerja Perpustakaan. Jakarta: Gramedia

2007. Menjadi Pintar: Perpustakaan Sekolah sebagai Sumber Belajar Siswa. Malang: PenerbitUNM

Griffin, Gill.2005. Costumer Loyalty. Jakarta: Erlangga

Hasibuan, Zainal. 2005. Pengembangan Perpustakaan Digital. Makalah Pelatihan

Pengelolaan Perpustakaan Perguruan Tinggi. Cisarua, Mei 2005.

Jefkins, Frank. 2003. Public Relation. Jakarta:Erlangga.

Mahmudin. 2006. Pengantar Ilmu Perpustakaan (on-line). http://www/ipi.or.id/unpas/materio-07-06.doc, diakses 20 maret 2010.

Pendit, Putu Lexmana. 2007. Perpustakaan Digital: Perspektif Perpustakaan PTN. Jakarta: Agung

Ruslan, Rosady. 1999.  Praktek dan Solusi Public dalam Situasi Krisis dalam Pemulihan Citra. Jakarta: Ghil Indoensiao.

Saleh, Soemirat.2001.Fungsi Perpsutakaan Kampus dalam Pembinaan Budaya Baca. Bandung: Unisba.

Subrata, Gatot. 2009. Perpustakaan Digital. Malang: Penerbit UNM.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Supriyono. 2008. Teknologi Informasi Perpustakaan. Jogyakarta: Kanisius.

PEDOMAN PENGUMPULAN DATA

Judul   : Perubahan Perpustakaan dan Perilaku Pemustaka Kearah Perpustakaan Digital Berbasis Web www.digilib.unp.ac.id dalam pProses Pencarian Informasi

 

No

Aspek yang Dinilai

Jenis Data yang Diperlukan

Sumber Data

Teknik Pengumpulan  Data

1.

Perpustakaan UNP

  1. Sejarah dan Perkembangan
  1. Koleksi
  2. Pustakawan
  1. Pemustaka

 

  1. Sejarah dan perkembangan perpustakaan UNP
  2. Jumlah Koleksi
  3. Staf pustakawan yang dimiliki perpustakaan
  4. Jumlah Pemustaka yang berkunjung dan melakukan peminjaman

 

Pustakawan Wawancara

Observasi

 

2. Perubahan Perpustakaan kearah www.digilib.unp.ac.id.
  1. Sejarah perkembangan www.digilib.unp.ac.id
  2. User interface www.digilib.unp.ac.id
  3. Information Acsess www.digilib.unp.ac.id
  4. Manajemen Koleksi http://www.digilib.unp.ac.id
  5. Sosialisasi www.digilib.unp.ac.id

 

PustakawanPemustaka WawancaraObservasi
4. Perubahan perilaku pemustaka dalam proses pemerolehan informasi Perubahan perilaku pemustaka dalam proses pemerolehan informasi PustakawanPemustaka WawancaraObservasi
5. Kelemahan dan Harapan masyarakat terhadap www.digilib.unp.ac.id a. Kelemahan dari www.digilib.unp.ac.id

b.Harapan masyarakat terhadap http://www.digilib.unp.ac.id

Pustakawanpemustaka WawancaraObservasi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PEDOMAN OBSERVASI

 

 

No Aspek yang Diteliti Keterangan
1. Perpustakaan Universitas Negeri Padang

  1. Sejarah perkembangan perpustakaan
  2. Jumlah koleksi perpustakaan
  3. Jumlah pustakawan
  4. Jumlah pemustaka
  5. Fasilitas yang dimiliki
2. www.digilib.unp.ac.id

  1. Sejarah perkembangan perpustakaan
  2. Koleksi perpustakaan digital
  3. Tampilan perpustakaan digital
  4. Tingkat aksesabiliti
  5. Sosialisasi perpustakaan digital

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

One comment on “Tinjauan Perubahan Perpustakaan Kearah Perpustakaan Digital Berbasis Web www.digilib.unp.ac.id

  1. anak abak
    25 Februari 2012

    Mantappp kak….
    tapi bukankah untuk merubah dari format cetak ke format digital juga memakan dana yang cukup besar, dikarenakan itu menyangkut mengenai hak cipta.
    saya pesimis kalau perpustakaan umum UNP benar-benar serius untuk Mendigitalkan koleksinya, kalau hanya Otomasi saya rasa sudah berhasil tapi Pustakawannya yang tidak berhasil yang berlagak seperti raja.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 7 Februari 2012 by in ICT perpustakaan dan Pusat Informasi.
%d blogger menyukai ini: