Yona Primadesi

Membaca, Menulis, dan Berkarya

KNOWLEDGE SERVICES

Knowledge Services : Sebuah Perspektif

Pendahuluan

Pertumbuhan informasi dan perkembangan teknologi yang cukup pesat menyebabkan terjadinya ledakan informasi didalam masyarakat. Masyarakat harus selektif dalam memilah dan memilih informasi yang sesuai dengan konteks dan kebutuhan. Dibutuhkan kecakapan dan kemampuan khusus agar dapat mengorganisir informasi yang ada menjadi komoditi yang bisa disimpan dan digunakan kapan pun sesuai dengan kebutuhan.

Unit-unit informasi dalam sebuah organisasi merupakan kelompok-kelompok yang bekerja untuk menyampaikan layaan informasi. Salah satu contoh unit informasi adalah perpustakaan. Pada awalnya, unit informasi hanya berkutat pada kegiatan mengelola dalam cakupan mengumpulkan, mengolah, menyimpan, menemukan kembali, dan menggunakan informasi dalam batasan yang cukup luas atau global. Akan tetapi sejalan dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan informasi yang semakin heterogen, unit-unit informasi ini diharapkan mampu mengorganisir informasi dengan lebih spesifik, sehingga informasi tersebut dapat digunakan dalam waktu, tempat dan konteks yang tepat dalam proses mengambil keputusan. Selain perkembangan pengetahuan, tuntutan untuk berbagai pengetahuan dengan individu lain pun memaksa unit-unit informasi untuk melakukan perubahan dari hanya sekedar information delivery menjadi Knowmledge services (KS).

Knowledge Services diperlukan dalam sebuah organisasi, bertolak dari:

  1. Kebutuhan untuk meningkatkan layanan pengetahuan yang proactive di dalam organisasi.
  2. Untuk memastikan bahwa layanan pengetahuan benar-benar telah diterapkan di dalam masyarakat.
  3. Guna mengorganisir, menganalisa, dan menginterpretasikan modal intelektual yang dimiliki oleh organisasi guna keuntungan maksimal organisasi.

            Knowledge services (KS) ini nantinya diharapkan mampu meningkatkan layanan informasi yang lebih spesifik dan tepat guna ,baik bagi kalangan internal maupun eksternal.

Tugas utama seorang knowledge services (KS) yakni dituntut untuk mampu melakukan Information Management (IM), Knowledge management (KM) dan Strategic Learning (SL) untuk perkembangan organisasi induk sehingga pengetahuan tersebut bisa digunakan kapanpun, baik oleh kalangan internal maupun eksternal organisasi.


Simpulan

Knowledge services merupakan layanan atau sistem yang pada dasarnya harus teritegrasi dengan seluruh departemen di dalam organisasi, dan idealnya harus ada dalam sebuah organisasi. Hal tersebut dikarenakan knowledge services memiliki peranan penting dalam sharing pengetahuan dan informasi antara seluruh elemen organisasi, sehingga informasi bisa dihadirkan dan disediakan kapan pun sesuai dengan kebutuhan elemen organisasi.

Knowledge services merupakan ujung tombak sebuah organisasi atau lembaga karena berperan dalam pengembangan perusahaan, pembuatan kebijakan, dan riset. Akan tetapi, dalam kenyataanya knowledge services belum memiliki depertemen khusus atau bahkan belum terigegrasi dalam kegiatan organisasi dengan baik.

Daftar Pustaka

Firestone, Joseph. 2003.  Key Issues in The New Knowledge Management. [s.l]: KMCI Press

St. Clairs, Guy. 2003. Beyond Degrees: Profesional Learning for Knowledge Services. Jerman: K.G. Saur Munchen.

——————. 20xx. The KM/ KS Continuum. www. Smr-knowledge.com. (Akses, September 2011).

Wallace, Danny P. 2007. Knowledge Management: Historical and Cross Disciplinary Themes. [s.l]: Greenwood Publish.

Yusup, Pawit. M. 2009. Ilmu Informasi, Komunikasi, dan Kepustakaan. Bandung: Bumi Aksara

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 7 Desember 2011 by in Perpustakaan.
%d blogger menyukai ini: